Kamis, 20 Januari 2011

Bodhisattva Sangharama (Guan Yu dalam Agama Buddha)

Dikisahkan dalam Catatan Kisah Tiga Negara (San Guo Yan Yi – 三国演义), raga halus Guan Yu bersama dengan Guan Ping dan Zhou Cang muncul di hadapan Bhikshu Pujing pada malam hari ketika Guan Yu gugur dipenggal oleh pihak Sun Quan. Semasa hidupnya, Guan Yu pernah ditolong oleh Pujing di Vihara Zhenguo.
Berdasarkan catatan sejarah Buddhis – Fozhu Tongji (佛祖統紀 – Taisho Tripitaka 2053), pada tahun 592 M, disebutkan bahwa raga halus Guan Yu bersama den- gan Guan Ping, memohon Trisarana dan Pancasila pada YM Zhiyi, pendiri ali- ran Buddhisme Tiantai di Tiongkok. Mereka membantu sang bhiksu mendirikan Vihara Yuquan, Dangyang, Hubei. Yang Guang, Pangeran Jin (yang kelak akan dikenal sebagai Kaisar Sui Yang Di – 隋煬帝). Pangeran Yang Guang memberi- kan Guan Yu gelar “Sangharama Bodhisattva”.
Prasasti bertajuk 820 M yang mencatat kejadian pertemuan antara Guan Yu den- gan Zhiyi. Zhang Shangying yang hidup pada tahun 1081 M telah mengatakan bahwa Guan Yu adalah Pelindung Dharma. Guan Miao di Vihara Yuquan dise- but-sebut sebagai “Tian Xia Di Yi Guan Miao”. Catatan Pemugaran Kuil Guan Yu Gunung Yuquan (重修玉泉山关庙记) yang ditulis oleh Dong Ting semasa Dinasti Tang pada tahun 820 mengisahkan pertemuan Guan Yu dengan Zhiyi.

Guan Yu juga dikenal di kalangan Vajrayana. Banyak sekali Acharya Tibetan yang memiliki hubungan spiritual dengan beliau, seperti misalnya Changkya Khutukhtu Rolpay Dorje, Panchen Lama ke-5 Lobsang Yeshe, dan Karmapa ke- 17 Orgyen Trinley Dorje.


Sumber : http://dhammacitta.org/perpustakaan/kategori/ebook/ajaran-mahayana/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar